Kompolnas RI Hadiri Halaqah Fiqih Peradaban HUT Pontren Al Muttaqiin Yang Ke-XXVI Di Kecamatan Sungai Aur
Kompolnas RI Hadiri Halaqah Fiqih Peradaban HUT Pontren Al Muttaqiin Yang Ke-XXVI Di Kecamatan Sungai Aur

Setelah menggelar pertemuan di Polres Pasaman Barat, Ketua Tim dan rombongan dari Kompolnas RI melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Muttaqiin, Kamis (7/3/2024).

Kunjungan yang dilakukan oleh Komisioner Kompolnas H. Mohammad Dawam, SH.I, MH selaku Ketua tim guna menjalin silaturahmi dan menghadiri HUT Ponpes Al Muttaqiin yang ke-XXVI di Jorong Situmang, Nagari Salingka Muaro, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

Selain Ketua Tim, kegiatan ini juga dihadiri Kabag Hukum Informasi dan Komunikasi Sekretariat Kompolnas Kombes Pol Joko Purwanto, S.Ik, SH, dan staf Set Kompolnas Rizal Permana serta didampingi juga dari tim Itwasda Polda Sumbar, pimpinan Ponpes Al Muttqiin H. Nasrullah, Wakapolres Kompol Chairul Amri Nasution, S.Ik, Kapolsek Lembah Melintang AKP Zulfikar, Camat Sungai Aur yang diwakili Sekcam Sungai Aur Hj. Lumongga Sari, Walinagari Salingka Muaro Defi Hendra, Kepala Jorong Situmang, tokoh masyarakat Situmang serta guru dan santri Pesantren Al Muttaqiin.

Pimpinan Pontren AL Muttaqiin H. Nasrullah mengucapkan selamat datang dan menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Komisioner Kompolnas RI ke Pontren Al Muttaqiin.

"Kami bersama pengurus pontren mengucapkan selamat datang kepada tim dari Kompolnas RI, dan kami mengucapkan terimakasih atas kunjungannya ke Pontren Al Muttaqiin,” ungkap H. Nasrullah.

Dalam sesi tanya jawab, Sekretaris Camat Sungai Aur Hj. Lumongga Sari meminta kepada pihak Kompolnas RI untuk segara dibangun Polsek Sungai Aur dan penambahan personel Bhabinkamtibmas di Nagari pemekaran, karena saat ini Kecataman Sungai Aur masih dibawah wilayah hukum Polsek Lembah Melintang.

“Pembangunan Polsek di Kecamatan Sungai Aur ini perlu kita realisasikan, mengingat jumlah penduduk yang cukup banyak, permasalahan sosial yang cukup kompleks serta tingginya angka kriminalitas di Kecamatan ini,” ujar Sekcam Sungai Aur.

AKP Zulfikar selaku Kapolsek Lembah Melintang menyampaikan bahwa wacana pembangunan Polsek di Kecamatan Sungai Aur ini telah lama digulirkan, namun saat ini belum terealisasikan karena masih menunggu keputusan dari pimpinan Polri.

Sementara itu, Komisioner Kompolnas H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H mengatakan dalam ceramah agamanya tentang pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Nasionalisme yang diterapkan oleh murid-murid di Pontren Al Muttaqiin, dan berharap dapat berkontribusi besar dalam pemerintahan.

“Tumbuhkan rasa Nasionalisme dengan menanamkan sejak dini rasa kecintaan terhadap tanah air, serta ambil bagian dalam pembagunan bangsa dengan ikut serta dalam pemerintahan,” ungkap H M. Dawam.

Selain itu, Ketua Tim dari Kompolnas juga meminta kepada santriwan dan santriwati agar tidak terlibat dalam peredaran gelap Narkotika, karena Narkotika dapat menghancurkan masa depan dan cita-cita anak bangsa.

“Kita tidak pernah bosan menyampaikan untuk menghindari Narkoba, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam memerangi bahaya pengaruh Narkoba, saya ingatkan, jangan sekali-kali santri disini ikut terlibat baik sebagai pemakai apalagi sebagai pengedar Narkoba,” tegas H. M. Dawam.

Kegiatan yang berakhir pukul 17.00 Wib ini ditandai dengan pemberian buku dan cendramata secara simbolis kepada pimpinan Pontren Al Muttaqiin dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan para tamu undangan dan santriwan-santriwati. (HumasResPasbar)