Polres Dharmasraya Kawal Aksi Damai Mahasiswa dan OKP Terkait Putusan MK di DPRD Kabupaten Dharmasraya
Polres Dharmasraya Kawal Aksi Damai Mahasiswa dan OKP Terkait Putusan MK di DPRD Kabupaten Dharmasraya

TBNews Sumbar - Polres Dharmasraya Polda sumbar melakukan pengamanan jalannya aksi damai yang dilakukan oleh Organisasi Kepemudaan (OKP) dan mahasiswa yang tergabung dalam Masyarakat Sipil Kabupaten Dharmasraya. Aksi yang digelar pada Senin, 26 Agustus 2024 pukul 10.30 WIB tersebut berlangsung di depan Kantor DPRD Kabupaten Dharmasraya.

 

Aksi ini diikuti oleh berbagai elemen mahasiswa dan OKP seperti KNPI, HMI, PMII, GP Ansor, IPNU, serta mahasiswa dari Undhari dan STITNU Dharmasraya. Koordinator aksi sekaligus penanggung jawab, Ego Cometra (Presma Undhari), memimpin penyampaian enam poin tuntutan yang berkaitan dengan pengawalan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan 70/PUU-XXII/2024.

 

Pengamanan aksi dipimpin oleh Kabag Ops Polres Dharmasraya, Kompol Eliswantri, SH., MH., yang didampingi oleh Kasat Intel Polres Dharmasraya, AKP Rajulan, S.H., dibantu personel gabungan TNI dan Satpol PP. Aksi tersebut juga dihadiri oleh pejabat sementara Ketua DPRD Dharmasraya, Wigiono, serta beberapa .

 

Kapolres Dharmasraya, AKBP Bagus Ikhwan, S.I.K., MH., melalui Kabag Ops Kompol Eliswantri menyatakan bahwa aksi berlangsung lancar dan aman tanpa adanya insiden anarkis. Ia menegaskan bahwa pihak kepolisian memiliki tugas untuk menjaga ketertiban dan memastikan bahwa hak masyarakat dalam menyampaikan aspirasi tetap terlindungi.

 

Setelah mendengarkan tuntutan, DPRD Kabupaten Dharmasraya berkomitmen untuk menyampaikan poin-poin tersebut kepada pihak terkait. Massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib setelah menerima konfirmasi bahwa surat resmi telah dikirimkan kepada Bupati, KPUD, dan Bawaslu Kabupaten Dharmasraya.(HMS)