Dokter Irpan saat memberikan sosialisasi dihadapan peserta apel pagi di mapolda sumbar
Dihadapan Peserta Apel Pagi, Dokter Irpan dari Biddokes Polda Sumbar Berikan Sosialisasi tentang Penyakit Gula Darah

TBNews Sumbar -- Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Sumbar memberikan sosialisasi tentang diabetes meletus atau yang biasa disebut penyakit gula darah, pada Rabu (5/9/2024) pagi, yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolda Sumbar.

Dalam sosialisasinya, dokter Irpan menyampaikan apa saja klasifikasi dan ciri-ciri Diabetes melutus biasa kita sebut dengan penyakit gula darah.

"Penyakit ini diakibatkan karena kadar gula dalam darah tinggi dalam waktu yang lama, sehingga mengakibatkan organ pangkreas bekerja keras untuk memproduksi insulin untuk menekan gula dalam darah ke dalam sel," jelasnya.

Lebih lanjut dokter Irpan menyebut, Diabetes meletus di bagi menjadi dua. Pertama diabetes meletus Tipe satu pada anak akibat genetik atau bawaan lahir dan kedua diabetes meletus tipe dua yaitu didapat karena kebiasan atau pola hidup yang tidak sehat.

Selai itu, dokter Irpan juga menjelaskan  beberapa komplikasi dari diabetes meletus yang diantaranya Stroke, Jantung, Mata kabur, Impoten, Gagal ginjal, serta Kerusakan saraf tepi yang berakibat luka suka sembuh.

Dokter Irpan juga mengimbau kepada seluruh peserta apel bahwa salah satu untuk cara pencegahan penyakit ini yaitu agar mengurangi makanan yang manis-manis serta rutin berolahraga.

Diakhir sosialisasinya, dokter Irpan mengajak kepada personel agar melakukan skrining kesehatan ke klinik Polda dan juga mengikuti pemeriksaan  berkala yang sudah fasilitasi oleh Biddokkes Polda Sumbar.(*)