Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Bendera Bulanan Polda Sumbar
Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Bendera Bulanan Polda Sumbar

TBNews Sumbar - Kegiatan Upacara Bendera ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Suharyono, S.IK., S.H., di halaman Mapolda Sumbar, Selasa (17/09/2024). Acara ini pun bukan sekadar perayaan rutin, tetapi juga manifestasi dari penghormatan yang tinggi terhadap simbol nasionalisme Indonesia.

Upacara bendera bulanan di Polda Sumbar kali ini dimulai dengan prosesi kehormatan pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dalam amanatnya mengatakan diketahui bahwa tantangan tugas kita ke depan masih sangat banyak, sebentar lagi kita akan mengahadapi pekerjaan yang cukup besar dan memakan waktu yang cukup panjang.

Operasi yang saat ini sedang berlangsung yaitu Operasi Mantap Praja, dan masih juga kita amankan operasi yang lain seperti Operasi Lilin nanti untuk tahun baru, belum juga kegiatan kita yang sifatnya rutin maupun insidentil yang setiap hari kita lakukan sesuai tugas pokok peranan masing masing, oleh karenanya jaga kesehatan, kekompakan, solidaritas antara fungsi dan internal, hubungan tata cara kerja kita optimalkan, dan juga kerja sama dengan instansi terkait lainnya kita optimalkan dalam rangka mewujudkan dan memelihara kamtibmas di wilayah hukum Sumatera Barat.

Sebagaimana juga amanat UUD 1945 bahwa TNI Polri itu menjaga stabilitas nasional dalam bidang pertahanan maupun keamanan sesuai bidang tugas masing masing, Untuk TNI pada undang-undang nomor 34 tahun 2004 untuk polri undang-undang nomor 2 tahun 2002, termasuk kebijakan baik tertulis maupun tidak tertulis harus kita laksanakan.

“Soliditas TNI Polri dan bersama sama stakeholder lainnya termasuk bagaimana sikap kita untuk tetap netral dalam menghadapi agenda demokrasi” Ucap Kapolda

Kapolda Melanjutkan, Tentunya pimpinan Polri dan juga pimpinan negeri ini percaya kepada Polri berikut dengan jajarannya,karena pekerjaan ini juga bukan baru sekali ini kita lakukan, Tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana faktor hati hati dan waspada terhadap pembenturan pembenturan yang mungkin terjadi di internal maupun eksternal berkaitan dengan netralitas.

“Ini kaitannya juga kemarin saat kami berada di IKN di Kalimantan timur ada 10 arahan bapak presiden, bapak Panglima termasuk bapak Kapolri yang intinya adalah netralitas harus tetap kita jaga, kamtibmas harus tetap kita pelihara, kekompakan internal maupun eksternal dalam kelembagaan dan Kementerian harus tetap kita pelihara dengan baik” tambah Kapolda

Harapannya tidak ada friksi friksi sekecil apapun di dalam proses Operasi Mantap Praja dan termasuk rangkaiannya operasi Nataru di tahun ini.

“Jangan sampai ada kegiatan Kontra produktif dari setiap anggota, saya tekankan kepada Polri, PNS, baik di Polda maupun Polres jajaran, dan laksanakan mapping pencermatan terhadap potensi gangguan yang mungkin terjadi di setiap tahapan pelaksanaan Pilkada,” Sambung Irjen Suharyono.

Kapolda Menambahkan Pentingnya menjaga situasi Kamtibmas dijajaran Polda Sumbar pada seluruh tahapan Pilkada serentak dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2024 Polda Sumbar juga sudah melakukan Operasi Mantap Praja Singgalang 2024 yang dilaksanakan selama 113 hari, dimulai dari tanggal 27 Agustus hingga 19 Desember 2024, dengan tujuan terciptanya situasi yang aman dan damai di wilayah Sumbar sampai dengan tahapan Pilkada serentak berakhir, menjadi momen yang sangat penting dalam berdemokrasi lokal, dan sebagai sarana untuk menunjukan kedewasaan politik serta membawa tantangan dalam menjaga stabilitas keamanan dan juga gesekan yang terjadi.

“Kita harus mencegah terjadinya gangguan keamanan, maupun gesekan yang mungkin muncul baik secara internal maupun external, melanjutkan perintah pimpinan kita bapak Kapolri kita harus jadi polisi yang benar benar Presisi,”  Tutur Suharyono

Irjen. Pol. Suharyono mengungkapkan, Jalin kerjasama melalui komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi serta besinergi dengan stake holder terkait agar tugas dapat terlaksana dengan baik.

Laksanakan kegiatan Cooling System melalui kegiatan preemtif dan preventif guna menjaga stabilitas Kamtibmas Polda Sumbar, dan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024, Optimalkan Kamseltibcarlantas selama pelaksanaan seluruh tingkat dan tahapan pilkada serentak diselenggarakan.

Upacara bendera bulanan ini di ikuti oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, pejabat utama Polda Sumbar dan seluruh personel Polri dan ASN Polda Sumbar.